web 2.0

Rabu, 12 Juni 2013

PENGAJIAN GENERUS LDII KOTA PALU

PENGAJIAN GENERUS LDII KOTA PALU – Bagi kawula muda, malam minggu adalah hari yang ditunggu – tunggu. Ini sudah bukan rahasia lagi. Malam minggu adalah waktu yang pas untuk bersantai, berkeliling kota, nongkrong dengan teman – teman. Bahkan ada sebagian memanfaatkan untuk berfoya – foya, bercengkrama dengan pasangan yang belum halal baginya. Hal ini tentu akan memberi peluang bagi syaitan dalam melancarkan misinya menggoda anak Adam agar bisa terjerumus bersama – sama masuk neraka.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Sabtu (02/6/2013) DPD LDII Kota Palu menggelar pengajian yang diikuti generus LDII dari pelajar SLTP sampai mahasiswa. Untuk lancarnya kegiatan, pengajian dibagi didua tempat yang berbeda yaitu Masjid Baitul Akbar jalan Setia Budi Kota Palu, dan Masjid Miftahul Huda jalan Dewi Sartika IV Kota Palu.

MASJID MIFTAHUL HUDA
Pengajian generus yang rutin diadakan setiap bulan di minggu pertama digelar diseluruh tingkatan DPD LDII di seluruh Indonesia. Di Masjid Miftahul Huda Kota Palu, pengajian dimulai setelah maghrib. Peserta pengajian sholat wajib berjama’ah di Masjid Miftahul Huda kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan nasehat pemantapan agama yang disampaikan oleh Pembina DPD LDII Kota Palu. Pada kesempatan ini Bapak Ir. H. Wimbo Hartono menyampaikan agar para generus menertibkan sholat lima waktunya, tuma’ninahnya, dan juga kekhusukannya. Selain itu beliau juga menginginkan agar pemuda LDII Kota Palu memiliki kemandirian dan tidak menggantungkan masa depannya dengan menjadi PNS.
pengajian generus malam minggu ldii
Pengajian Generus Malam Minggu (Dok : LDII Sulteng)
Seusai sholat isya’ diisi penyampaian bacaan Al Qur’an, makna, dan keterangan. Acara selanjutnya peserta pengajian dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas SLTP, kelas SMA dan kelas Mahasiswa. Kelas SLTP diisi penyampaian Kitabul Adab. Yaitu, kitab yang berisikan hukum-hukum dan tata cara berperilaku dalam lingkungan yang disyariatkan Islam.
generasi qur'ani alim mandiri ldii
Pengajian Generus LDII Kota Palu (Dok. LDII Sulteng)
Adapun untuk kelas SMA disampaikan materi dari Kitabul Janaiz. Yaitu, kitab yang memuat tata cara merawat jenazah dari mulai memandikan, mengkafani, mensholati, dan menguburkan. Sedangkan untuk kelas Mahasiswa disampaikan tentang dalil – dalil keutamaan mencari ilmu, terutama ilmu agama.

MASJID BAITUL AKBAR
Ditempat terpisah, pengajian generus yang ditempatkan di Masjid Baitul Akbar Kota Palu dimulai setelah sholat isya’. Peserta pengajian dibagi dua kelas. Yaitu kelas yang berumur diatas 17 tahun dan yang berusia dibawah 17 tahun.

Untuk kelas 17 tahun keatas selain disampaikan bacaan Al Qur’an makna dan keterangan juga disampaikan hadist yang menceritakan tentang kabar dusta bahwa Aisyah r.a.  (istrinya nabi) dituduh berzina dengan sahabat Nabi, Sofyan.
pengajian remaja ldii kota palu
Khusuk Mendengarkan Pemateri Pengajian Generus
(Dok : LDII Sulteng)
Sedangkan peserta pengajian yang berumur dibawah 17 tahun diberi pembinaan tentang tata cara sholat sesuai tuntunan Nabi Muhamad SAW dengan disampaikannya Kitabus Sholah.

Dan diakhir kegiatan Bapak Ridwan Fauzi memberikan nasehat tentang pencapaian tri sukses generus Lembaga Dakwah Islam Indonesia yaitu berilmu, berakhlak baik, dan mandiri. (zz)

0 komentar:

Posting Komentar